10 Game Mengeluarkan Dana Terbesar Di Turnamen Esports Untuk Saat Ini

Emang benar jika membicarakan tentang sebuah game online ataupun offline tidak ada habisnya. Dari waktu ke waktu & pada setiap bulannya pasti ada saja sebuah permainan baru yang dihadirkan dari berbagai developer. Mulai dari platform console, mobile & juga personal computer (PC). Belakangan ini sangat banyak kompetisi yang hadirkan, mulai dari internasional ataupun juga lokal. Pastinya mengenai hadiahnya bervariasi bukan. Tentu saja pada turnamen tingkat internasional ataupun major pasti hadiahnya sangatlah besar. Nah berikut ini, spotgame akan menjabarkan peringkat game yang mengeluarkan dana paling terbesar pada turnamen esports paling terbesar sepanjang sejarah untuk saat ini.

10 Game Yang Mengeluarkan Dana Di Sebuah Turnamen Esports

Daftar dibawah ini menjelaskan 10 game yang mengadakan turnamen esports paling terbesar berdasarkan informasi yang kami dapatkan dari wawancara, laporan secara langsung, serta data yang dapat diandalkan yang berada pada publikasi internet. Termasuk turnamen dengan hadiah terkecil sampai dengan hadiah terbesar. Pastinya pihak company mengeluarkan uang sampai ratusan juta dollar untuk mengadakan kompetisi tersebut.

1. DOTA 2 ($223,9Juta : Rp3,2Triliun)

Dota 2 adalah sebuah game paling populer berbentuk moba yang paling terkenal seluruh dunia dan dapat dimainkan hanya pada platform microsoft windows saja. Valve dan salah satu disainer yakni IceFrog telah mengalami sukses besar dikarenakan game ini peminatnya semakin bertambah dari tahun ke tahun. Mungkin para gamers sekarang ketika melihat gamplay versi jadulnya akan terheran heran dibandingkan gamplay yang sekarang.

Dapat dilihat dari gambar diatas, pada tampilan sebelah kiri itu adalah versi lamanya & sebelah kanan adalah versi yang anda mainkan saat ini. Walaupun versi pertamanya seperti itu, tapi tetap saja permainan itu dulunya sangat banyak yang meminati. Bahkan pada tahun 2019 lalu Valve mengeluarkan uang sebesar $34Juta pada sebuah kompetisi yang dinamakan The International Dota2 2019 atau disebut TI9. Bahkan kompetisi tersebut menjadi turnamen esports terbesar untuk saat ini.

Dota2 dikembangkan pada tahun 2019 yang terinspirasi oleh Warcraft III Defense of the Ancients (DOTA). Hanya perbedaannya sekarang nama hero ada perbedaan sedikit, pastinya gamplay serta kontrol menjadi semakin lebih baik. Game moba ini termasuk urutan yang menduduki posisi pertama dalam mengeluarkan nominal uang dalam sebuah kompetisi. Game ini mengadakan sebanyak ±1300x turnamen sebanyak ±3500 player. Untuk pengeluaran dana dalam sebuah kompetisi tersebut sebesar ± $223,9Juta yakni jika dirupiahkan sebesar dengan kurs $1 : Rp14.698Ribu yakni sebesar Rp3,2Triliun. Nah, jika teman teman penasaran prize pool apa saja yang terdapat, disini anda bisa membaca 20 kolom hadiah terbesar dota2 dalam jenjang waktu dari tahun 2011 s/d 2019.

2. Counter Strike : Global Offensive (CSGO) ($96Juta : Rp1,4Triliun)

Jika pada tahun 2000an permainan bergenre moba paling terbaik adalah DOTA, maka terbaik pada genre fpsnya adalah Counter Strike. Game FPS ini rilis pada tahun 2000 disertai 6 pengembang yang berkerja sama, yakni Valve, Turtle Rock Studios, Hidden Path Entertainment, Gearbox Software, Ritual Entertainment & Nexon. Pada saat zamannya itu CS menjadi permainan paling favorit para pengguna yang mencintai genre FPS. Memasuki tahun 2009, CS menjadi anjlok karena sudah banyak juga game FPS yang dimainkan seperti point blank yang pada saat itu dikembangkan oleh gemscool & juga crosfire yang dibesut oleh smilegate.

Karena penjualan menurun sebagian pengembang mencopot kerja sama dalam mengembangkan permainan ini. Sehingga hanya 2 pengembang saja yang bertahan yaitu Valve & Hidden Path Entertainment. Walaupun mereka mengalami penurunan, mereka tidak akan tinggal diam. Nah, pada tahun 2012 hadirlah seri yang bernama Counter Strike : Global Offensive. CSGO dapat dimainkan pada platform Microsoft Windows, OS X, Playstation 3 keatas, Xbox 360 & Linux. Mulai dari situ pula peminat serta penjualan terus meningkat sampai sekarang ini. CSGO menduduki posisi ke-2 dalam game yang mengeluarkan prize pool tebesar pada turnamen esports. Game FPS ini mengadakan kompetisi sebanyak ±4900x sebanyak ±12700 peserta dengan total hadiah jika digabungkan sebesar $96Juta (Rp1,4Triliun).

3. Fortnite ($85,3Juta : Rp1,2Triliun)

Fortnite adalah sebuah permainan battle royale dimana seorang pemain harus bertahan hidup sampai akhir untuk mendapatkan sebuah kemenangan yakni posisi 1. Tapi itu tidak mudah, kamu harus beseraing dengan player lainnya. Epic games dulunya membuat game ini dengan seri Save teh World, dimana 1 team sebanyak 4 player akan berkerja sama dengan menjalankan sebuah quest. Tapi, dikarenakan sensainya kurang, Epic Games membesut lagi ditahun yang sama dengan seri Battle royale.

Fortnite dapat kamu mainkan melalui aplikasi Epic Games, disana sudah tertera kamu bisa melakukan download pada plafrom yang tersedia seperti Widows, macOS, iOS & Android. Jadi kamu tinggal sesuaikan saja dengan platform kebanggaanmu. Tidak lama kemudian, Epic Games menambahkan seri lagi yaitu Creative, pada seri ini kamu bebas menciptakan bangunan dalam arena pertempuran. Pastinya bangunan tersebut untuk melindungi dirimu pada saat dalam posisi terdesak. Contohnya ketika kamu dalam posisi tidak pas untuk berperang, nah disini kamu bisa menambahkan bangunan yang berguna untuk melindungi diri ataupun bisa melihat musuh lebih mudah untuk dibunuh.

Pada tahun sebelumnya Epic Games mengeluarkan nominal uang sangat besar dalam mengadakan sebuah kompetisi yang bernama Fortnite World Cup Finals 2019. Kompetisi tersebut ada 3 macam, yaitu Creative, Duo & Solo. Turnamen tersebut hanya memakan waktu ± 3 hari saja. Tour Creative dimainkan pada tanggal 26 – Juli – 2019, Duo 27 – Juli & Solo 28 Juli. Kompetisi tersebut menggelar dana habis lebih dari $40 Juta dollar. Fortnite memasuki posisi 3 dalam mengeluarkan dana terbesar pada sebuah kompetisi yakni ± 530x Turnamen, jumlah peserta sebanyak ±3200 & total uang yang dihabisakan sebesar $85,3Juta (Rp1,2Triliun).

4. League of Legends ($74,9Juta : Rp1,1Triliun)

Atau bisa disebut LOL, game moba mempertahankan salah satu area (base) serta melakukan penyerangan & menghancurkan pertahanan musuh agar mendapatkan kemenangan. LOL memiliki persaingan yang berat dengan salah satu seinor yaitu Dota2 yang merupakan raja game moba pada platform Microsoft Windows. Game ini memiliki sebanyak 148 list hero dengan skill yang berbeda.

Pada permainan battle arena pastinya memiliki role dengan kegunaan masing masing. Contohnya seperti tank, befrungsi melindungi rekan tim, ibaranya ia sebagai penahan demage dari serangan musuh. Lalu, carry (burst demage), inilah hero yang paling penting dalam sebuah permainan moba iya bertugas melakukan lock pada hero yang memiliki hp rendah. Dan support adalah tugasnya mengganggu pergerakan musuh, sehingga role support ini bisa berperan sebagai tank & bisa pula menjadi inti dari pertarungan. Maka sebagian pro player sangat bergantung pada supportnya, jika sampai salah lock hero musuh, kemungkinan besar tim tersebut bisa kalah.

Riot Games mempublikasikan LOL pada tahun 2009 lalu, pada platform Microsoft Windows & macOS. Dimana 5 pemain mempersatukan strategi mereka untuk meraih kemenangan. Dan pada tahun 2020 ini, Riot mengembangkan seri yang baru berjudul Wild Rift. Pada seri ini, kamu dapat memainkannya pada perangkat Android, iOS, Microsoft, Konsol. Nah pastinya jika seri sebelumnya hanya dimainkan pada perangkat komputer saja. Dengan adanya seri wild rift ini, kamu bisa memainkannya dimanapun & kapanpun dengan smartphone kebangganmu. Pastinya harus memiliki koneksi yang stabil agar tidak terjadinya lagger.

LOL merupakan game yang mengeluarkan dana yang terbesar diurutan ke-4 yaitu $74,9Juta (Rp1,1Triliun) dalam ±2400x Kompetisi & yang mengikuti berjumlah ±6900 peserta.

5. StarCraft II ($32,8Juta : Rp482Miliar)

Starcraft adalah sebuah permainan pertarungan strategi online yang sangat mirip seperti command and conquer. Game ini mengumpulkan sebuah kristal untuk membangun sebuah kehidupan layaknya seperti desa kecil. Kalian bisa memilih 3 ras seperti Terran, Protoss & Zerg. Game ini bisa dimainkan secara multiplayer ataupun juga solo.

Kamu dapat melihat pada gambar sebelah kiri adalah tampilan starcraft seri pertama & sebelah kanan tampilan starcraft seri kedua. Dari itu kamu dapat melihat, Starcraft dibesut oleh Blizzard Entertainment pada tahun 1998 “Tepatnya gua baru berumur 1 tahun ehehe”. Starcraft seri pertama juga telah dilakukan remasterd yang seri dulunya tampilannya kotak kotak & setelah diremastered menjadi lebih nyata, pastinya tidak senyata Starcraft 2.

Starcraft II telah melakukan turnamen sebanyak ±5800 kompetisi & ±2000 peserta dengan mengeluarkan dana sebesar $32,8Juta (Rp482Miliar). Sehingga starcraft menduduki posisi ke-5 dalam 10 game yang mengeluarkan sebuah dana terbesar pada turnamen esports.

6. Playerunknown’s Battlegrounds – PUBG ($21,9Juta : Rp322,6Miliar)

Pubg adalah salah satu permainan yang paling trendy untuk saat ini, game ini berjenis battle royale dan dapat dimainkan pada platform iOS, Android & Microsoft. Pada perangkat microsoft permainan ini bersaing ketat yaitu fortnite. Tapi tetap saja PUBG menjadi game teratas pada genre battle royale. PUBG Corporation membesut pubg pada 3 tahun yang lalu.

Membandingkan garfik layar pada perangkat smartphone dan juga komputer sangatlah jauh. Mulai dari grafik sampai kontrol menurut saya pubg komputerlah menjadi pemenangnya, Tapi jika untuk praktisnya, saya lebih memilih smartphone. Kenapa? karena kalian bisa memainkannya dimanapun berada, asalkan koneksi internet tetap stabil. Nah jika pada komputer, kalian memainkannya hanya dirumah & warnet (warung internet).

PUBG telah melakukan turnamen sebanyak ±277x dengan perserta berjumlah ±2500 & menghabiskan nominal uang berkisaran $21,9Juta (Rp322,6Miliar). Sempat dihebohkan pada trunamen tahun lalu bernama PUBG Global Championship 2019 yang dimenangkan oleh tim Gen.G yang berasal dari korea. Pada saat itu most valueable player atau disingkat MVP adalah Loki yang bernama Park, Jung – Young. Jika mau tahu lebih lengkapnya bacalah disini.

7. Overwatch ($21,7Juta : Rp318,9Miliar)

Kita kembali lagi dengan permainan berjenis MOBA yaitu overwatch. Permainan ini besut oleh Blizzard Entertainment ditahun 2016 pada prangkat Microsoft dan Xbox One. Nah, pada tanggal 15 – Oktober – 2019, permainan ini dapat dimainkan pada salah satu perangkat yaitu Nintendo Switch. Dibandingkan seperti microsoft dan xbox diatas, platform ini jauh lebih simpel karena seorang pengguna bisa membawanya dimanapun ia berada.

Overwatch bertujuan mempertahankan suatu base & pada permainan ini kamu juga bisa memilih role layaknya seperti MOBA lainnya. Overwatch dimainkan sebanyak 2 tim yang saling bermusuhan, untuk 1 tim terdiri dari 10 pemain. Tidak seperti MOBA lainnya game ini berperang menggunakan senjata seperti senapan dan menembak satu sama lain. Overwatch menduduki posisi ke-7 dalam mengeluarkan dana yang terbesar pada sebuah kompetisi. Game ini mengadakan turnamen sebanyak ±700x & ±3400peserta. Dana keseluruhan yang dikeluarkan sebesar $21,7Juta (Rp318,9Miliar).

8. Hearthstone ($21,1Juta : Rp310,9Miliar)

Hearthstone merupakan permainan kartu digital yang dibesut oleh develover ternama yaitu Blizzard Entertainment. Blizzard telah banyak mengembangkan permainan salah satunya adalah overwatch & starcraft II. Disini kamu harus memperhitungkan total mana & jangan sembarangan mengeluarkan pasukan. Lalu karakter utamamu juga memiliki darah, nah tujuan utamanya menghabiskan darah player lawan didepan dengan pasukan yang menggunakan mana itu. Maka dari itu kami mengatakan kepada anda, harus memperhatikan mana ya !!

Permainan kartu strategi ini drilis pada tahun 2014 pada platform Windows, macOS, iOS & Android. Ben Brode & Derek Sakamoto memperhatikan secara detail dalam mengembangkan Hearthstone. Sehingga sampai sekarang Hearthstone sudah banyak peminatnya diseluruh dunia khususnya Indonesia. Hearthstone menduduki posisi ke-8 dengan nominal mengeluarkan dana paling terbesar pada salah satu turnamen esports. Permainan ini menyelengarakan kompetisi sebanyak ±874x dengan jumlah peserta sebanyak ±2300 dengan hadiah keseluruhan sebesar $21,1Juta (Rp310,9Miliar).

9. Heroes of the Storm ($18,1Juta : Rp266,6Miliar)

Masih tetap pada blizzard entertainment yang membesut salah satu permainan berjenis MOBA yaitu Heroes of the Storm. Permainan ini dirilis pada tahun 2015 lalu & dapat dimainkan pada platform Windows & macOS. Tentunya banyak permainan MOBA pada platform pc, semakin banyak pula saingannya. Tentunya disetiap permainan memiliki fans tersendiri.

Heroes of the Strom menduduki posisi ke-9 dari 10 game yang mengeluarkan sebuah dana paling terbesar dalam turnamen esports. Permainan ini mengadakan kompetisi sebanyak ±450x dengan jumlah peserta ±1203 dengan hadiah keseluruhan jika dijumlahkan sebanyak $18,1Juta (Rp266,6Miliar).

10. Arena of Valor ($14,5Juta (Rp213,9Miliar)

Diurutan terakhir dalam game dalam mengeluarkan sebuah dana terbesar adalah arena oof valor atau bahasa singkatnya AOV. Permainan ini berjenis MOBA yang dirilis pada tahun 2016. AOV dikembangkan oleh 3 perusahan yang bernama Tencent, TiMi Studios & Garena.

AOV dapat dimainkan pada platform windows & android. Selang waktu 2 tahun game battle arena ini dapat dimainkan pada salah satu platform yaitu Nintendo Switch. AOV dapat mengadakan kompetisi sebanyak 49x dengan jumlah peserta sebanyak 536 dengan total hadiah keseluruhan sebesar $14,5Juta (Rp213,9Miliar).

KESIMPULAN :

Setelah kami menjelaskan diatas, kami akan berpikir kedepannya akan berapa banyak pula hadiah yang diberikan pada sebuah turnamen esports ini. Lihatlah seperti dota 2 dan fortnite pada 1 kompetisi telah menghabiskan nominal uang sampai puluhan juta dollar. Bagaimana nanti ditahun ini dan mendatang, mungkin bisa sampai ratusan juta dollar. Tentu player yang mengikuti kompetisi itu semakin banyak dong. Sehingga untuk mendapatkan kemenangan terbilang sulit. Seiring berjalannya waktu akan semakin bertambah juga para pemain yang bertalenta.

Baiklah, cukup sampai disini saja mengenai 10 game yang mengeluarkan sebuah dana terbesar dalam turnamen esports untuk saat ini. Oleh karena itu sebagian gamers lovers akan menunggu kompetisi kompetisi yang mendatang dong.

The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *